Klasifikasi Geodemografis dan Manfaatnya bagi Pemasar
Geodemografis merupakan gabungan antara segmentasi berdasarkan geografis dan segmentasi demografis. berikut penjelasannya:
1. Geografis
- region : merupakan segmentasi yang didasarkan pada suatu wilayah yang akan dijadikan tempat untuk memasarkan produk oleh pemasar.
- Ukuran kota : besar kecilnya sebuah kota di suatu daerah juga berpengaruh dalam melakukan segmentasi pasar.
- tingkat kepadatan : para pemasar pasti menginginkan produknya dipakai banyak konsumen, untuk itu biasanya pemasar menjual produk ditempat yang ramai penduduk.
- iklim : produk yang dihasilkan oleh produsen biasanya bisa dipasarkan jika iklim disuatu tempat yang dituju sangat mendukung.
2. Demografis
- umur : sebelum produk dibuat, produsen harus tahu siapa yang akan memakai produknya nanti agar produk tersebut tepat sasaran.
- ukuran keluarga : ukuran keluarga biasanya tidak terlalu berpengaruh dalam proses pemasaran produk.
- Family life cycle : siklus hidup keluarga tidak terlalu berperan penting dalam kegiatan pemasaran.
- jenis kelamin : dengan mengetahui fungsi produk yang dipasarkan, pemasar dapat mngetahui target pasarnya pria tau wanita.
- pendapatan : konsumen yang memiliki pendapatan yang tinggi dapat menguntungkan produsen karena para pemasar dapat menentukan harga sesuai dengan produknya.
- pendidikan : konsumen yang mempunyai pendidikan akan lebih kritis dalam memilih suatu produk sehingga pemasar dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produknya.
- ras/suku : supaya produk yang dihasilkan dapat laku terjual, produsen biasanya tidak membedakan ras atau suku untuk para calon pemakai produknya.
- generasi : tiap generasi membutuhkan produk yang berbeda-beda, ini dapat dijadikan suatu informasi yang dapat membantu pemasar akan kebutuhan para konsumen.
- kebangsaan : dengan tidak membeda-bedakan kebangsaan dari konsumennya, pemasar akan lebih mudah mendapatkan lebih banyak konsumen.
- kelas sosial : untuk kelas sosial yang menengah atas biasanya akan lebih menguntungkan pemasar karena konsumen dapat membayar produk dengan harga lebih.
Rabu, 30 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar